Agustus 13, 2012

I'tikaf

Tuesday, July 7th 2012


Jadi intinya selama bulan ramadhan ini, dengan kesadaran penuh,, dan kesadaran akan besarnya kesadaran, aku mulai untuk meringkuk bersujud perlahan kepada Sang Maha Pencipta.. dengan keyakinan ku yang amat besar bahwa Ia tak akan tega kepada hambanya yang lemahh dan selalu meminta ini, dan hambanya yang tak memiliki apa ini, meratap sendiri tanpa petunjuk. Pasti Ia kan datang, membawa chayanya, memberikan arah dan menunjukan jawabannya segera.

Okesip, berawal dari seharian di Kost dan akhirnya nonton Tv *biasanya gak pernah nonton. Aku melihat ada buka puasa di masjid Istiqlal judul beritanya “Istiqlal membagikan 3000 ta’jil tiap harinya selama bulan ramadhan”, kira-kira itu lah judulnya,ups ada yang ketinggalan “GraTIS”, insting anak kost ku sudah mulai berjalan dengan merencanakan beberapa kali buka disana.. eh i’tikaf ding.. *eh kayanya niatku menyimpang nih, bukannya untuk beribadah kepada Allah SWT malah Cuma buka gratis *Astaghfirullah.. ya Allah aku ga semiskin itu koq, maafin aku ya, Cuma jiwa anak kostannya muncul aja.. hehe..

Jadi terencanalan hari dimana ku akan melakukan i’tikaf (*berdiam diri dimasjid dalam rangka taqarub ilallah) di istiqlal pada 7 agustus 2012 (12 hari sebelum lebaran tiba).

Disanaaa.. semua moment memberikan banyak pelajaran bagiku:
1. pulang kantor nyampe di istiqlal jam 5.45 udah ramee banget yang duduk menunggu buka sambil mendengarkan ceramah ustadz nya.. rameee bget, ada bule juga bahkan orang-orang yang bekerja entah apa. Untungnya aku kesana masih adata’jilnya karena beberapa orang yang datang setelahku samasekali ga dapet, Kehabisan. Disini kita belajar bagaimana orang-orang diluar sana telah lelah seharian tidak makan dan ketika mendapatkan makanan itupun seadanya..

2. dengan tidak berbekal makanan apapun, aku buka bungkusan ta’jil yang isinya telor rebus, tumis buncis, dan 3 biki kurma. Bagiku marilah kita berbuka dengan yang ada , dan yang ada ini juga baik. Alhasil makanan itu habis kulahap *atau mungkin karena aku kelaparan ya.. hahah..

3. waktu sholat rame banget orangnya, di Istiqlal uniknya adalah banyak pemandu, mulai dari pemadu ta’jil, sampe pemandu shaff.. disini kita benar-benar diatur untuk berbaris dengan rapi. Jadi ingat bahwa Allah menyukai bangunan yang kokoh dan barisan ya tersusun rapi. Jadi inget bahwa dulu Rasululloh SAW menghabiskan waktunya dengan berperang, dimana semua prajurit telah ditentukan tempatnya pada baris-baris yang rapi, itulah yang menjadikan pasukan kaum muslimin menjadi pasukan kuat yang disegani, daaan menjadi pemenang. Itulah filosofinya, jadi kitajuga pada dasarnya masih berperang, tapi dalam barisan beribadah pada Allah dan bagaimana memerangi hawa nafsu.

4. Pukul 9.30 pm, abis sholat tarawih dan aku memang tidak berbekal makanan apapun disana, jadi perutku merasakan lapar yang sangat.. aaaggghh.. untungnya dibagi snak, yang belum ditawarin aje aku udah nyomot duluan. Ahaha.. biarlah.

5. Imam, penceramah dan yang membaca tadarus pun disana harus kereen sampe-sampe bebrapa huruf saja gak bener dibaca, si pembaca sudah langsung diganti  ma yang laen. #ustadnya terlalu keras tu..

6. disana ku liat malem-malem, nenek-nenek yang dengan penuh semangat ikutan itikaf di masjid. padahal udah tua banget.. dalah hatiku "Ya Allah andaikanorang tua ku sepertii mereka, giat mendekatkan diri padamu, sungguh tak ada lagi kelemahan orang tuaku dimataku, hanya itu saja" doaku "dekatkan hati kedua orang tuaku pada-Mu ya Rabb"..aamiin..


Nah, untuk selanjutnya ada acara kantor i'tikaf bersama pada tanggal 9 di masjid At-Tin Taman Mini.. dan pastunya kau harus ikut, ketagihan memang iktikaf begini, apalagi bareng temen kantor.. banyak harapan disana.

Masjid yang luas dan indah kurasa,, rame sih, tapi gak banget.. dan karena ketagihan dn dihari pertama aku kebanyakan tidur, akhirnya pulang itikaf kantor jam 6, sampe rumah nyuci dll.. sampe jam 8 pagi dan tiduuur, sampe jam 11.30 siang, bangun bukan karena kesadaran sendiri sih,, tapi ada telpon, dan banyk waktu di hari itu yang kuhabiskan dengan menelpon. dengan berazzam sangat kuat, jam 4 pm. berangkat lagi ke at tin.. itikaf yang ke2 bareng dwi.


sebelum berangkat mampir dulu ke Tamusa (food court deket kostan) pesen 2 ayam sambel ijo.. rencananya untuk saur karena kami tau kalo ada buka gratis di attin, setelah itu, memang belum rezeki kami berdua ya.. ta'jil tak dapat dan makanan berbuka pun aku tak dapat, kehabisan.. oouucchhh.. tapi ya sudahlah, kan masih ada ayam sambel ijo yang aku idam-idamkan sejak kemarin malam.

Well,, untuk saur kali ini saya kita gak punya bekal apapun. jadi rundown nya adalah sebagai berikut:
06 p.m - 07-30 : Sholat dan Buka puasa
07.30 pm- 09.30: Sholat isya dan tarawih
09.30 pm-10.30: Ceramah
10.30 pm- 02am: Acara Bebas (bebas tidur dll)
02am-05: tahajud subuh dan sahur..

Yang membuatku haru biru dan menitikkan air mata adalah dikala sholat tahajud dan dan sholat hajat.. subhanallha.. ya Allah "terimaksih Engkau telah memberikan kesempatan ku ramadhan seperti ini, ramadhan yang amat spesial sepanjang hidupku".. menjalani ramadhan dengan penuh arti, dengan sepenuh hati.. ada sedih dan haru,, sungguh ramadhan ini lah yang membuatku tidak menyesal atas apa yang telah kuputuskan sebelumnya.. Terimakasih ya Allah.. kelak biarkan aku dan kedua orang tuaku melakukan ini,, itikaf, bukan hanya di jakarta, tapi di masjidil harram.. Aamiin.. "panggilah kami ya Allah.."


Poto i'tikaf hari pertama


Tidak ada komentar:

Posting Komentar